Selasa, 27 Oktober 2020

CONTOH LAPORAN AKTUALISASI

          A.  Latar Belakang

Dalam rangka pelaksanaan cita-cita bangsa dan mewujudkan tujuan negara sebagai mana tercantum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 perlunya dibangun karakter Aparatur Sipil Negara yang memiliki integritas, profesionalisme, netral dan bebas dari intervensi politik, bersih dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), serta mampu menyelenggarakan pelayanan publik bagi masyarakat dan mampu menjalankan peran sebagai unsur perekat persatuan dan kesatuan bangsa yang tertuang dalam UU Ke 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Guru sebagai Pegawai Negeri Sipil yang merupakan bagian dari ASN harus mampu berperan sebagai pelayan publik (peserta didik). Tugas ASN sebagai pelayan publik meliputi beberapa bidang termasuk di dalamnya adalah bidang pendidikan. Guru sebagai salah satu profesi PNS  harus dilandasi oleh nilai-nilai dasar akuntabilitas, nasionalisme, etika publik, komitmen mutu dan anti korupsi untuk mengaktualisasikan tugas pokok dan fungsinya sesuai yang tercantum dalam Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negeri (ASN).

Guru sebagai pendidik harus mampu mendidik peserta didik untuk bersikap bersih, rapi, dan religious. Baik di sekolah maupun luar sekolah. Oleh karena itu guru harus melakukan inovasi-inovasi di sekolah agar peserta didik dapat melakasanakan sikap tersebut di sekolah.

Kebersihan, kerapian, dan religius merupakan salah satu kunci sukses bagi kegiatan belajar peserta didik di sekolah, karena dengan itu maka setiap peserta didik akan menciptakan rasa nyaman serta aman belajar bagi dirinya sendiri, sekaligus bagi peserta didik lain yang berada di lingkungan sekolah. kebersihan, kerapian, dan religius tentu tidak akan muncul begitu saja pada diri peserta didik tanpa didasari dengan penegakan peraturan yang efektif oleh pihak guru sekolah, melalui penegakan peraturan yang berupa tata tertib sekolah secara baik dan benar.

Kebersihan, kerapian, sopan santun, dan religius di sekolah berorientasi pada kewajiban guru dalam mendidik peserta didik dengan menanamkan disiplin pribadi yaitu takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Menyimak dan menyaksikan pemberitaan di media massa dan elektronik akhir-akhir ini menggambarkan bahwa tingkat kebersihan, kerapian, dan religius umumnya masih tergolong memprihatinkan. Kuantitas pelanggaran yang dilakukan oleh peserta didik semakin bertambah dari waktu ke waktu. Kegunaan atau pentingnya kebersihan, kerapian, religius dan disiplin bagi diri peserta didik, yaitu : 1) Memberikan dukungan bagi terciptanya perilaku yang tidak menyimpang 2) Membantu peserta didik memahami dan menyesuaikan diri dengan tuntutan lingkungan 3) menjauhkan peserta didik melakukan hal-hal yang melanggar aturan sekolah 4) mendorong peserta didik melakukan hal yang baik dan benar 5) peserta didik belajar hidup dengan kebiasaan-kebiasaan yang baik, positif dan bermanfaat bagi diri dan lingkungannya.

Dalam pelaksanaan kegiatan di sekolah aturan yang berlaku di sekolah berupa penerapan untuk menjiwai nilai-nilai kebersihan, kerapian, dan religius di lingkungan sekolah.

B.  Tujuan Aktualisasi

Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan aktualisasi dan habituasi yaitu agar peserta mampu:

1.        Mewujudkan akuntabilitas dalam melaksanakan tugas dan jabatannya;

2.        Mengedepankan kepentingan umum dalam pelaksanaan tugas dan jabatannya;

3.        Menjunjung tinggi standar etika publik dalam pelaksanaan tugas dan jabatannya;

4.        Mewujudkan inovasi untuk peningkatan mutu pelaksanaan tugas dan jabatan;

5.        Mendukung program anti korupsi yang diimplementasikan di tempat habituasi; dan

6.        Sebagai ASN turut berperan dalam Whole of government (wog) serta meningkatkan pelayanan publik yang turut berkontribusi dengan visi misi organisasi.

C.  Ruang Lingkup

Proses penulisan rancangan aktualisasi ini dibatasi pada kegiatan yang melingkupi nilai-nilai Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu dan Anti korupsi serta nilai Pelayanan Publik, Manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Whole of Government (WOG). Kegiatan rancangan aktualisasi dan habituasi ini akan dilaksanakan  di SMP Negeri Tubbi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar