Selasa, 27 Oktober 2020

FILOSOFI PENDIDIKAN KHD GURU PENGGERAK

 

Modul 1.1.a.9. Koneksi Antar Materi

Nama                        : Try Wahyu Syaputra, S.Pd., M.M.Pd

Asal Sekolah            : SMP Negeri Tubbi

Kabupaten               : Polewali Mandar

Provinsi                    : Sulawesi Barat

 

Manusia memandang dan menyikapi apa yang terdapat dalam alam semesta bersumber dari beberapa faktor yang dominan dalam kehidupannya. Faktor itu boleh jadi berasal dari kebudayaan, filsafat, agama, kepercayaan, tata nilai masyarakat atau lainnya. Luasnya pandangan manusia tergantung pada faktor dominan yang mempengaruhinya. Seperti halnya pendidikan calon guru penggerak ini, hanyak hal yang tadinya saya anggap dominan dan baik diterapkan di sekolah nyatanya hal itu kurang tepat, seperti memberikan perintah dengan paksaan, memberikan tugas terlalu berat ke siswa dan lain-lain.

Alhamdulillah, setelah mempelajari tentang modul 1.1 Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara selama kurang lebih sepekan ini banyak hal baik yang bisa saya teladani, dari menjadi among yang baik sampai memerdekaan belajar anak. Pendidik yang mampu mengolah cipta, rasa, karsa dan raga seorang anak secara seimbang tentu akan berujung pada terbentuknya pribadi-pribadi yang bijaksana serta berbudi pekerti luhur dan itu yang ini saya terapkan di sekolah saya nantinya.

Dalam waktu dekat ini saya ingin menerapkan salah satu dari konsep filosofi pendidikan KHD yakni menjadi seorang Role Model di kelas, sejatinya banyak opsi yang ini saya terapkan di sekolah tetapi karena pandemi COVID-19 hal tersebut saya pending dulu seperti membuat kelas bersih, pagi ceria, literasi dll. Di sekolah saya menerapkan mode Luring (Luar Jaringan) yang mana pada saat sekarang ini guru berkunjung ke rumah-rumah siswa untuk memberikan dan mengumpulkan tugas, jadi hal tepat yang saya akan terapkan dalam waktu dekat ini yakni Role Model/Panutan/Contoh.

Dibawah ini adalah bagan rancangan tindakannya :

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar