Modul 1.1.a.9. Koneksi Antar Materi
Nama :
Try Wahyu Syaputra, S.Pd., M.M.Pd
Asal Sekolah : SMP
Negeri Tubbi
Kabupaten :
Polewali Mandar
Provinsi :
Sulawesi Barat
Manusia
memandang dan menyikapi apa yang terdapat dalam alam semesta bersumber dari
beberapa faktor yang dominan dalam kehidupannya. Faktor itu boleh jadi berasal
dari kebudayaan, filsafat, agama, kepercayaan, tata nilai masyarakat atau
lainnya. Luasnya pandangan manusia tergantung pada faktor dominan yang
mempengaruhinya. Seperti halnya pendidikan calon guru penggerak ini, hanyak hal
yang tadinya saya anggap dominan dan baik diterapkan di sekolah nyatanya hal
itu kurang tepat, seperti memberikan perintah dengan paksaan, memberikan tugas
terlalu berat ke siswa dan lain-lain.
Alhamdulillah,
setelah mempelajari tentang modul 1.1 Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara
selama kurang lebih sepekan ini banyak hal baik yang bisa saya teladani, dari
menjadi among yang baik sampai memerdekaan belajar anak. Pendidik yang mampu
mengolah cipta, rasa, karsa dan raga seorang anak secara seimbang tentu akan
berujung pada terbentuknya pribadi-pribadi yang bijaksana serta berbudi pekerti
luhur dan itu yang ini saya terapkan di sekolah saya nantinya.
Dalam waktu
dekat ini saya ingin menerapkan salah satu dari konsep filosofi pendidikan KHD
yakni menjadi seorang Role Model di kelas, sejatinya banyak opsi yang ini saya
terapkan di sekolah tetapi karena pandemi COVID-19 hal tersebut saya pending
dulu seperti membuat kelas bersih, pagi ceria, literasi dll. Di sekolah saya
menerapkan mode Luring (Luar Jaringan) yang mana pada saat sekarang ini guru
berkunjung ke rumah-rumah siswa untuk memberikan dan mengumpulkan tugas, jadi
hal tepat yang saya akan terapkan dalam waktu dekat ini yakni Role Model/Panutan/Contoh.
Dibawah ini
adalah bagan rancangan tindakannya :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar