Selasa, 27 Oktober 2020

HAL POSITIF DARI PEMIKIRAN KI HAJAR DEWANTARA DI BUDAYA MANDAR

Setelah membaca dan menonton video tentang pemikiran KHD hal-hal positif yang bisa diambil adalah :

  1. Sikap pantang menyerah dan kerja keras seperti yang dilihat dari perjuangan KHD yang selalu memperjuangkan pendidikan
  2. Menyadari pentingnya pentingnya pendidikan dan memberikan pelayanan terbaik kepada siswa
  3. Aktif dalam kegiatan bermasyarakat

        Adapun Intisari dari pemikiran Ki Hajar Dewantara yaitu tentang budi pekerti yang luhur, tentang bagaimana memberikan tauladan, motivasi dan contoh yang baik untuk anak anak. Adapun salah satu hal positif yang ingin diterapkan di sekolah atau di kelas yaitu Budaya Malaqbiq pau (bertutur kata yang sopan) malabiq gau (hal hal yang baik dalam diri) dan malaqbiq kedzo ( perilaku yang baik). Meskipun banyak tantangan yang akan dihadapi dalam penerapan budaya ini karena diera sekarang ini seakan akan budaya nilai-nilai luhur telah tergerus dan sudah tidak diperdulikan oleh masyarakat. Sehingga ini menjadi tugas guru bagaimana agar supaya nilai-nilai dari Ki Hajar Dewantara ini dapat dimunculkan kembali dan diterapkan dalam kehidupan bermsyarakat. Adapun Langkah-langkah yang bisa diambil untuk menerapkan malaqbiq kedzo dilingkungan sekolah : 

  1. Memberikan contoh tingkah laku dan kebiasaan yang mulia dan penuh dengan kesopanan
  2. Menampilkan perilaku/tingkah laku yang selaras dengan perkataan dan perbuatan.
  3. Membimbing anak-anak dalam bertingkah laku dan bertutur kata sesuai dengan adat dan kebiasaan orang mandar, contoh menerapkan budaya tabe' di depan guru atau orang yang lebih tua baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat.
  4. Membimbing anak untuk tidak memotong pembicaraan sebelum lawan bicaranya selesai berbicara.
  5. Menantiasa mengucap salam dan bertegur sapa yang baik kepada teman maupun siapa saja yang ditemuinya

Setelah menerapkan  langkah langkah diatas diharapkan budaya malaqbiq kedzo ini dapat diterapkan oleh anak anak disekolah sehingga dapat membentuk karakter anak yang baik, sopan dan mandiri  dan mempunyai rasa tanggung jawab dan berbudi pekerti luhur.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar