Senin, 09 November 2020

REFLEKSI PROSES PENDAMPINGAN GURU PENGGERAK

 

Assalamu Alaikum Warhmatullahi Wabarakatuh.

Alhamdulillan, kita telah melaksanakan pendampingan perdana (0) pada hari ini,

Terkait dengan hal tersebut, mohon Pak Try memberikan respon/tanggapan mengenai Refleksi Proses Pendampingan dengan pertanyaan sebagai berikut:

1.      Apa hal paling menarik yang Bapak dapatkan setelah proses pendampingan hari ini?

-          Alhamdulillah, banyak hal menarik yang saya dapat hari ini dari kunjungan bapak pendamping calon guru penggerak angkatan 1 kabupaten Polewali Mandar. Yang pertama saya mendapatkan motivasi dan semangat untuk terus berkreasi di sekolah. Kedua, saya mampu menunjukan keadaan real dari tempat tugas saya kepada pendamping.

2.      Apa yang membuat hal tersebut menarik menurut Bapak?

-          Pertama, hal tersebut saya anggap menarik karena saya mampu berkomunikasi langsung dengan pendamping dengan leluasa, dan mengungkapkan ide-ide yang saya ingin rencanakan dalam perubahan di sekolah nantinya, pendampingpun merespon dengan baik sehingga percakapan itu cukup menaik menurut saya pribadi.

-          Kedua, Menunjukan secara langsung kepada pendamping keadaan sekolah saya juga merupakan hal yang menaik, yang dimana pendamping bisa melihat secara nyata hal apa yang menjadi kendala dan hal yang berpotensi perubahan apa yang bisa saya lakukan nantinya. Dengan begitu pendamping bisa memberikan masukan yang pas dengan kondisi yang saya alami di sekolah.

3.      Apa yang sudah baik dari pendamping hari ini?

-          Alhamdulillah, saya rasa dari awal keberangkatan kami ke sekolah bersama pendamping merupakan salah satu kebaikan hari ini, dan secara keseluruhan semuanya baik, dari penyampaian oleh  pendamping sampai pemberian motivasi-motivasi yang bergitu hebat, semangat juang dan kerendahan hati. Semuanya luar biasa hari ini. Satu kata untuk menggambarkan pendampingan hari ini adalah TERBAIK.

4.      Apa yang perlu diperbaiki dari pendamping di pendampingan berikutnya?

-          Saya rasa efesiansi waktu, waktu pendampingan terlalu singkat menurut saya, paling tidak 3-4 jam pendampingan di sekolah calon guru penggerak. Karena jujur saja masih banyak hal yang perlu dibahas bersama pendamping prihal kondisi sekolah baik dari komunitas sekolah, rekan guru bahkan sampai peserta didik.

2 komentar: