Selasa, 03 November 2020

Refleksi Diri Tentang Nilai Diri Guru Penggerak

Kembalikan ingatan anda pada masa uisa sekolah, mulai dari TK hingga SMA. Kemudian, Pilih, pilah dan tuliskan satu mpmen yang paling berarti buat anda. Ceritakan secara ringkas apa yag telah terjadi, siapa saja yang terlibat dan mengapa moomen tersebut menjadi sangat berarti bagi anda hingga kini.

Bismillah, Alhamdulillah, banyak momen yang sangat berarti dimasa usia sekolah dulu, dari banyaknya momen ada beberapa momen yang sampai sekarang sulit saya lupakan yakni ketika mengikuti beberapa lomba tingkat kabupaten yang diadakan kala itu dan alhamdulillah saya selalu berhasil membawa pulang juara dan membanggakan nama sekolah. Sebulan sebelum lomba saya selalu latihan intens serta didampingi oleh mentor, mentor ini tidak lain dan tidak bukan adalah guru Seni Budaya di sekolah, dia sangat berpengaruh akan kesuksesan saya baik waktu itu dan bahkan sampai sekarang saya masih sering meminta saran bahkan kritik yang membangun untuk saya kedepannya. dan kenapa momen ini terasa spesial karena sejak awal saya sering mendapat ejekan bahkan diremehkan oleh teman-teman bahwa dengan bakat menggambar kamu tidak akan menghasilkan apa-apa, tapi dengan kerja keras, latihan yang sungguh-sungguh saya bisa buktikan kalau perkatakan mereka keliru, buktinya saya bisa Juara 1 tingkat Kabupaten menggambar dan tahun-tahun berikutnya tetap dalam trek juara.

Buatlah 1-2 kalimat yang dapat menggambarkan nilai-nilai diri yang anda percayai, menggunakan semua kata-kata berikut : Guru, Murid, Belajar, Makna.

Ada Kalimat yang dari dulu saya pegang sampai sekarang ini :

"Diantara Estetika, Pilihan Hidup dan Kepercayaan"

Estetika ialah kelembutan hati, berjiwa tulus dan senantiasa merasa bahwa apa yang ada di dunia ini adalah guru terbaik. Pilihan hidup ialah sejatinya manusia mempunyai kodrat alam yang dimana manusia itu diartikan sebuah murid yang bertumbuh dan belajar dari setiap proses yang ada dalam dirinya bahkan lingkungan sekitarnya. Kepercayaan ialah belajar bahwa semua yang ada di dunia ini harus disyukuri dan harus berkeyakinan bahwasanya hidup telah ditentukan oleh sang pencipta tinggal sikap kita saja menjalani makna hidup tersebut.

Kembalikan ingatan anda pada satu orang yang anda kenal secara pribadi dan episode kehidupan anda di rentang usia antara TK hingga SMA dan dampak diri beliau diraksaan hingga sekarang. Tuliskan apa profesi beliau.

Beliau Adalah Guru Seni Budaya Saya di SMA, Pak Amri Namanya. beliau yang mengubah mental saya yang tadinya biasa-biasa saja menjadi menjadi fighting, beliau yang berjasa mengubah pola pikir saya di sekolah, yang tadinya sulit beradaptasi, pemalu, sampai bisa menjadi jawara lomba seni tingkat Kabupaten. beliau menempa saya menjadi pribadi yang kuat (lingkungan sekolah), dan memberikan gambaran masa depan saya nantinya kedepan. benar saya, sejak dinyatakan lulus SMA beliau merekomendasikan kepada saya untuk melanjutkan studi di sebuah universitas negeri di kota Makassar dan mengambil jurusan yang sama dengan jurusan yang diampu beliau yakni Program Studi Pendidikan Seni Rupa (Seni Budaya). Endingnya dengan jurusan ini sekarang saya bisa menjadi Guru PNS di SMP Negeri Tubbi dengan mengikuti Test CPNS 2018 kemarin. Terima kasih, Pak Amri, Semoga beliau senantisa diberi kesehatan olah Allah SWT, Aamiin yaa robbalallamin

Jelasakan siapa dan bagaimana beliau kemudian berdampak bagi anda hingga sekarang?

Beliau adalah Pak Amri, dampaknya untuk saya sekarang sangat besar, saya bisa menemukan kepercayaan diri lewat lomba-lomba yang saya ikuti selama ini. beliau juga menginspirasi saya menjadi guru yang disiplin dan selalu memberikan yang terbaik disetiap proses belajar mengajar berlangsung. banyak hal positif dan baik yang saya dapat dari beliau dan saya pun sekarang menerapkannya di kelas saya sendiri.

Jika ada hal lain yang paling Saya kagumi dari Beliau selain perbuatan, tutur kata, berkeputusan, sikap pendirian, silahkan tuliskan disini.

Yang saya kagumi dari beliau ialah sikap pendiriannya, tekad kuat, serta pembawaan yang santai tapi serius yang membuat orang  berinteraksi dengannya cepat merasa akrab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar