Kamis, 12 November 2020

PETA KONSEP, KONEKSI ANTAR MATERI, NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

Sebagai CGP, Anda ditantang untuk menyusun rencana perubahan kecil yang perlu dilakukan secara rutin oleh diri CGP sendiri sebagai respon untuk mengaitkan nilai-nilai dan peran Guru Penggerak baik dengan semua materi yang telah dipelajari dalam modul ini DAN materi lain yang relevan di luar modul ini demi penumbuhan murid merdeka di sekolahnya.

Untuk memudahkan Bapak/Ibu CGP dalam merajut pemahaman dari berbagai materi, ada dua penugasan yang perlu dilakukan. Kedua penugasan tersebut adalah sintesis dari berbagai materi yang sudah dipelajari dan rancangan tindakan untuk Aksi Nyata.

  1. Sintesis Pengetahuan
    Buatlah sebuah bagan (peta konsep, peta pikiran (mindmap), spider web, dll) atau sebuah artikel untuk menggambarkan kaitan antara materi-materi dalam modul ini, dan juga kaitan dengan dengan modul-modul yang sudah Anda pelajari sebelumnya.
  2. Rancangan tindakan
    Seringkali rencana yang dibuat dalam pelatihan hanya berhenti di ruang-ruang pelatihan. Padahal, menjalankan rencana adalah kunci perubahan walaupun artinya mungkin rencana yang telah dibuat harus sudah mulai diubahsuaikan sejak awal penerapannya dimulai. Oleh karena itu, pada pembuatan rencana kali ini, dianjurkan agar Anda memilih rencana perubahan diri yang tidak muluk-muluk. Buatlah jangka waktu penyelesaian yang masuk akal, dan pastikan Anda menuliskan perkiraan dampak yang dapat langsung dinikmati oleh murid Anda. Anda akan menuliskan rencana perubahan kecil tersebut ke dalam format yang tersedia pada lampiran.



2 komentar: